nusakini.com - Sadio Mane mengandaskan mimpi rekan satu timnya di Liverpool yakni Mohamed Salah sebagaimana Senegal yang ia perkuat memastikan satu tiket ke Piala Dunia 2022, Rabu (30/3) dini hari WIB tadi.

Setelah kalah 1-0 dari Mesir di leg pertama yang digelar di Kairo pada akhir pekan kemarin, Senegal yang mendapat giliran sebagai penjamu juga sukses menang dengan skor sama berkat gol bunuh diri Hamdi Fathi.

Pertandingan ini kemudian dilanjut hingga adu penalti, dengan dua algojo pertama dari masing-masing tim menemui kegagalan namun Mesir kembali gagal di penendang keempat, sebelum Mane menuntaskan tugasnya untuk mengirim Senegal ke putaran final.

Sama seperti leg pertama, gol yang tercipta di pertemuan ini terjadi di menit keempat dan itu semua akibat bunuh diri.

Dan layaknya final Piala Afrika 2021 kemarin, kiper Senegal Edouard Mendy mementahkan penalti sedangkan Mane menjadi penentu kemenangan lewat sepakan penalti terakhirnya.

Dengan kegagalan ini, Salah harus mengubur mimpinya untuk menambah caps di Piala Dunia. Bintang Liverpool itu baru tampil dua kali dan itu semua terjadi pada 2018 lalu, selagi ia memiliki dua gol atas namanya.


Selain Senegal, negara Afrika lain yang telah memastikan tiketnya ke Qatar adalah Ghana, Tunisia, Maroko dan Kamerun.

Sementara itu, yang harus melupakan Piala Dunia karena gagal di putaran ketiga kualifikasi zona Afrika antara lain: Nigeria, Mesir, Aljazair, Kongo dan Mali. (gi/om)